Perkembangan teknologi digital mendorong UMKM seperti OrlinCookies untuk menyediakan layanan pemesanan kue secara online yang lebih efisien. Saat ini, OrlinCookies hanya menggunakan Instagram, yang tidak optimal dalam menangani pesanan dalam jumlah besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang desain UI/UX sistem pemesanan kue kering berbasis web menggunakan metode Lean UX. Metode ini dipilih karena menekankan kolaborasi, iterasi cepat, dan validasi langsung dari pengguna. Penelitian dilakukan melalui wawancara, kuesioner, pembuatan Minimum Viable Product (MVP), eksperimen, dan usability testing menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian terhadap 39 responden menunjukkan nilai rata-rata SUS sebesar 74,6 (kategori "Excellent"), menunjukkan prototipe yang dikembangkan mampu meningkatkan efisiensi dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan pendekatan Lean UX, OrlinCookies dapat menghadirkan sistem pemesanan yang lebih responsif, mudah digunakan, dan sesuai kebutuhan pengguna.
Kata kunci: Lean UX, UI/UX, Pemesanan Kue, OrlinCookies, Usability