Implementasi Theory of Planned Behavior Terhadap Adopsi Platform Digital Recruitment Dengan Pendekatan SEM Dan R Programming - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MOCHAMAD FARHAN BADRUZZAMAN

Informasi Dasar

77 kali
25.04.5067
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era digital, platform rekrutmen seperti LinkedIn menjadi alat vital untuk pengembangan karir. Namun, pemanfaatannya di kalangan pencari kerja muda di Indonesia belum optimal, menandakan adanya kesenjangan antara ketersediaan teknologi dan adopsi yang efektif untuk meningkatkan prospek karir. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat generasi muda dalam menggunakan LinkedIn sebagai sarana pengembangan karir, dengan mengaplikasikan model Extended Theory of Planned Behavior (TPB).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang dianalisis melalui Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan RStudio. Model penelitian menguji tujuh variabel: Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEU), Price Value (PV), Attitude Toward Behavior (ATT), Subjective Norm (SN), Perceived Behavioral Control (PBC), dan Behavioral Intention (INT).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap positif (ATT) terhadap LinkedIn secara signifikan dibentuk oleh persepsi kemudahan (PEU), persepsi manfaat (PU), dan persepsi nilai (PV), dengan kemudahan penggunaan sebagai faktor terkuat. Selanjutnya, niat (INT) untuk menggunakan platform secara berkelanjutan secara signifikan dipengaruhi oleh sikap (ATT), persepsi manfaat (PU), norma subjektif (SN), dan kontrol perilaku (PBC). Ditemukan bahwa persepsi manfaat (PU) memiliki pengaruh langsung terhadap niat, sementara persepsi nilai (PV) hanya berpengaruh secara tidak langsung melalui sikap.
Temuan ini mengimplikasikan bahwa untuk mendorong adopsi, strategi tidak cukup hanya berfokus pada fitur, tetapi harus pada penciptaan pengalaman yang mudah dan pembentukan sikap positif. Bagi generasi muda, penelitian ini mengonfirmasi bahwa pemanfaatan LinkedIn secara proaktif adalah langkah strategis untuk pengembangan karir, peningkatan prospek kerja, dan membangun citra profesional di pasar kerja yang kompetitif.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

Implementasi Theory of Planned Behavior Terhadap Adopsi Platform Digital Recruitment Dengan Pendekatan SEM Dan R Programming - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xxxvi, 142p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMAD FARHAN BADRUZZAMAN
Perorangan
Muhardi Saputra, Haryasena Panduwiyasa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4T3 - ADOPSI ERP DAN MANAJEMEN PERUBAHAN
  • ISI2F3 - STATISTIKA INDUSTRI
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini