PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPERCAYAAN CALON PEKERJA MIGRAN INDONESIA DENGAN PERCEIVED VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada LPK Bahana Inspirasi Muda) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

LUWISCA FAHIRA

Informasi Dasar

77 kali
25.05.510
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pekerja Migran Indonesia (PMI) memiliki kontribusi penting terhadap perekonomian nasional melalui remitansi dan penyerapan tenaga kerja. Namun, kepercayaan calon PMI terhadap Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) sebagai penyedia jalur penempatan legal masih menjadi permasalahan yang kompleks. Fenomena ketidakpercayaan ini dipicu oleh maraknya kasus penipuan, pembebanan biaya yang tidak transparan, serta pengalaman negatif dari alumni yang ditempatkan secara non-prosedural. Di sisi lain, LPK Bahana Inspirasi Muda merupakan salah satu lembaga yang berupaya membangun kepercayaan dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan promosi yang transparan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan promosi (X2) terhadap kepercayaan calon PMI (Y), dengan perceived value (Z) sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan terhadap 134 responden calon pekerja migran di LPK Bahana Inspirasi Muda, menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Selain itu, perceived value terbukti memediasi hubungan antara kedua variabel independen terhadap kepercayaan. Temuan ini menegaskan bahwa persepsi nilai yang terbentuk dari layanan yang berkualitas dan promosi yang tepat dapat memperkuat kepercayaan calon PMI terhadap LPK. Penelitian ini memberikan kontribusi empiris dalam pengembangan strategi lembaga pelatihan kerja dan menjadi referensi bagi penyusunan kebijakan perlindungan pekerja migran berbasis kepercayaan dan transparansi.

Kata Kunci: PMI, Kualitas Pelayanan, Promosi, Perceived Value, Kepercayaan, Pekerja Migran, LPK

Subjek

BRAND PERCEIVED QUALITY
 

Katalog

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPERCAYAAN CALON PEKERJA MIGRAN INDONESIA DENGAN PERCEIVED VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada LPK Bahana Inspirasi Muda) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xvi, 177p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUWISCA FAHIRA
Perorangan
Syahputra, Putu Nina Madiawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Administrasi Bisnis
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini