Penelitian ini membahas minimnya informasi pariwisata yang menarik dan komunikatif untuk Kota Pariaman, sebuah kota yang berkembang pesat di Sumatera Barat dengan potensi signifikan dalam wisata bahari, kuliner, dan budaya, namun sebagian besar belum dikenal oleh masyarakat luar. Upaya promosi saat ini kurang optimal, dengan informasi yang tersebar dan tidak disajikan dalam format visual yang menarik bagi generasi muda yang cenderung menyukai konten visual. Studi ini bertujuan untuk merancang zine sebagai panduan wisata bahari Kota Pariaman yang visual, menarik, dan terstruktur, guna meningkatkan aksesibilitas informasi wisata bagi wisatawan melalui media cetak yang engaging dan mudah dipahami. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara terstruktur, kuesioner, dan studi literatur. Proses perancangan menggunakan metodologi design thinking. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minimnya informasi wisata yang menarik dan komunikatif berdampak pada wisatawan, khususnya generasi muda. Zine yang dirancang ini menawarkan solusi alternatif yang efektif dan relevan, menyajikan konten personal, kreatif, dan visual secara ringkas dan menarik, khususnya bagi audiens muda. Pada akhirnya, zine ini berfungsi tidak hanya sebagai alat promosi tetapi juga sebagai media edukasi dan dokumentasi, menyatukan berbagai potensi daerah melalui desain komunikasi visual, sehingga memperkuat citra Kota Pariaman sebagai destinasi unggulan di Sumatera BaratKata kunci: ilmiah, jurnal, panduan, tulisan