Narrative Storytelling dalam Penyampaian Bahasa Teknis: Studi Komparasi YouTube GadgetIn dan Jagat Review dalam Review Produk Teknologi - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RIFKI ASYAM ABBIYU

Informasi Dasar

26 kali
25.04.5278
302.302 85
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini menganalisis strategi naratif (storytelling) dalam video ulasan produk teknologi di dua kanal Youtube populer di Indonesia, yaitu GadgetIn dan Jagat review. Kajian ini menggunakan teori Casaddy (1992) yang membagi storyetlling menjadi empat elemen utama: storyline, theme, plot and story, serta frame of reference. Metode yang digunakan adalah analisis isi kualitatif terhadap 48 video yang terdiri dari 11 video dari channel GadgetIn dan 37 video dari channel Jagat Review, yang diunggah dalam periode Maret 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GadgetIn menerapkan gaya naratif yang bersifat personal, emosional, dan komunikatif dengan pendekatan ringan yang mudah dipahami oleh khalayak umum. Sementara itu, Jagat Review menggunakan pendekatan yang sistematis, objektif, dan berbasis data, yang lebih sesuai dengan audiens yang memiliki minat tinggi terhadap spesifikasi teknis. Perbedaan strategi naratif ini menunjukkan bahwa storytelling memainkan peran penting dalam membentuk pemahaman dan persepsi audiens terhadap informasi teknis. Penelitian ini menegaskan bahwa efektivitas komunikasi digital sangat dipengaruhi oleh kesesuaian gaya narasi dengan karakteristik target audiens.

Kata Kunci: Storytelling, YouTube, GadgetIn, Jagat Review, Cassady, Ulasan Produk Teknologi, Analisis Isi Kualitatif

Subjek

DIGITAL MEDIA
 

Katalog

Narrative Storytelling dalam Penyampaian Bahasa Teknis: Studi Komparasi YouTube GadgetIn dan Jagat Review dalam Review Produk Teknologi - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x, 125p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFKI ASYAM ABBIYU
Perorangan
Freddy Yusanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • EAK1DAB3 - Komunikasi Digital
  • EAK1EAB3 - Komunikasi Massa dan MediaBaru
  • EAK3VAB3 - Komunikasi Merek
  • EAK2JAB3 - Metode Penelitian Kualitatif

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini