Pembelajaran daring pada Learning Management System (LMS) di pendidikan tinggi membutuhkan alat yang efektif untuk memantau dan meningkatkan proses pembelajaran. Pada pembelajaran di Program Studi S1 Informatika Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Telkom University, dosen menghadapi tantangan dalam memahami data pembelajaran yang tersaji secara terpisah dan kurang kontekstual. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Learning Analytics Dashboard (LAD) berbasis LMS dengan pendekatan UCD untuk mendukung pengambilan keputusan akademik oleh dosen PJJ, serta mengevaluasi penggunaannya menggunakan instrumen evaluasi Park & Jo. Metode pengembangan mengikuti tahapan UCD dengan melibatkan dosen PJJ sebagai pengguna utama, dan pengujian dilakukan menggunakan data dummy yang merepresentasikan skenario pembelajaran daring. LAD yang dihasilkan memuat fitur ringkasan aktivitas, grafik partisipasi mingguan, deteksi mahasiswa berisiko, dan tampilan detail mahasiswa. Hasil evaluasi menunjukkan aspek visual design dinilai sangat baik, sedangkan aspek usability, organization (understanding level), dan perceived usefulness berada pada kategori cukup baik, dengan beberapa masukan perbaikan pada konsistensi desain dan fitur pembanding. LAD ini berkontribusi dalam menyediakan visualisasi pembelajaran yang relevan untuk mendukung pengambilan keputusan akademik dosen PJJ secara lebih efektif.
Kata Kunci: Learning Analytics Dashboard, User Centered Design, Learning Management System, Pendidikan Jarak Jauh