Platform Berbagi.link menghadapi tantangan dalam mendukung penggunanya (merchant) untuk memasarkan produk marketplace di tengah persaingan digital yang semakin ketat. Salah satu kendala utama adalah tidak tersedianya fitur pemasaran yang dapat dimanfaatkan oleh merchant secara optimal, sehingga banyak dari mereka masih menggunakan metode pemasaran konvensional yang kurang relevan untuk bersaing di era digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan sistem afiliasi memfasilitasi merchant dengan strategi pemasaran pada platform Berbagi.link. Strategi pemasaran berbasis sistem afiliasi dipilih berdasarkan persona pengguna (merchant) dan hasil penelitian terdahulu yang membuktikan keberhasilan strategi dalam memperluas jangkauan pemasaran produk/layanan melalui kemitraan dengan insentif berupa komisi. Pengembangan sistem dilakukan dengan metode scrum yang memungkinkan proses pengembangan secara iteratif dan adaptif berdasarkan umpan balik dari pengguna. Pada sisi teknis, backend dibangun menggunakan framework Laravel, sedangkan frontend menggunakan Blade sebagai template engine. Pengujian sistem dilakukan dengan Usability Testing (UT), System Usability Testing (SUS), dan User Acceptance Testing (UAT) yang melibatkan tiga aktor utama, yaitu product owner, perwakilan tim pengembang, dan pengguna. Pengujian UT dilaksanakan sebanyak dua iterasi menunjukkan iterasi terakhir desain antarmuka berhasil digunakan dengan mudah oleh pengguna. Hasil pengujian UAT menunjukkan 27 skenario pengujian berhasil diselesaikan dengan status “Passed” yang membuktikan bahwa sistem afiliasi siap digunakan sesuai dengan kebutuhan. Fitur-fitur sistem afiliasi berhasil mendapatkan respon positif dari pengguna dan product owner, serta berpotensi untuk meningkatkan keterlibatan affiliator dan efektifitas pemasaran produk. Secara keseluruhan, penelitian dan pengembangan sistem afiliasi ini berhasil menjadi solusi yang berpotensi memperluas jangkauan konsumen merchant, memastikan performa afiliasi, dapat menjadi referensi bagi pengembangan sistem pemasaran berbasis afiliasi di platform digital yang lain.