Anak usia 4-6 tahun berada dalam tahap perkembangan kognitif pra-oprasional menuntut Piaget, di mana mereka mulai mengembangkan kemampuan berpikir simbolis, imajinasi, dan keterampilan motorik halus serta kasar. Namun, minat belajar pada usia ini sering kali rendah karena anak lebih tertarik pada aktivitas bermain dibandingkan belajar yang terstruktur. Selain itu, paparan gadget yang berlebihan juga dapat mengganggu perkembangan konsentrasi dan kreativitas anak.
Penelitian ini bertujuan merancang meja edukatif interaktif yang dapat meningkatkan semangat belajar anak, merangsang perkembangan kognitif dan motorik, serta menjaga kerapian mainan edukatif. Meja ini dirancang dengan mempertimbangkan aspek ergonomi yang sesuai untuk anak usia 4-6 tahun, dilengkapi dengan fitur interaksi seperti whiteboard, area penyimpanan terintegrasi, dan elemen permainan edukatif. Dengan multifungsi ini tidak hanya mendorong anak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan tetapi juga mengajarkan kemandirian dalam kerapian alat belajar mereka.( metode)
Hasil penelitian menujukan bahwa meja edukatif interaktif yang dirancang mampu meningkatkan motivasi belajar anak, memperpanjang durasi perhatian, dan mendorong keterlibatan aktif dalam proses belajar. Selain itu, meja ini juga berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang rapi, nyaman, dna terorganisir, yang pada akhirnya mendukung perkembangan holistik anak secara optimal.
Kata Kunci: Meja Edukatif, Interaktif, Usia 4-6 tahun, Kognitif, Motorik, Semangat belajar.