ABSTRAK
Dalam era digital, teknologi informasi berkembang sangat pesat sehingga menciptakan
transformasi yang sangat signifikat dibidang teknologi, seperti permainan interaktif yang
semakin diminati. Penelitian ini mengimplementasikan dan menganalisis sistem Leaderboard
pada permainan Whack-a-Mole berbasis website untuk meningkatkan keterlibatan pengguna
dengan evaluasi tingkat kegunaan (usability) menggunakan metode System Usability Scale
(SUS). Permainan ini dikembangkan menggunakan JavaScript(JS) untuk antarmuka yang
responsif dan interaktif, PHP untuk logika permainan dan pengelolaan data leaderboard.
Dengan adanya sistem leaderboard pengguna bisa melihat peringkat berdasarkan skor,
waktu, sehingga menciptakan pengalaman yang kompetitif. Hasil pengujian menunjukkan
bahwa sistem memiliki tingkat kegunaan yang tinggi dengan skor sus rata-rata 72 memenuhi
standar kelayakan. peneliti berharap penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam
mengembangkan aplikasi permainan berbasis web yang dapat meningkatkan pengalaman
pengguna melalui implementasi sistem leaderboard yang efektif.
Kata Kunci: Leaderboard, Whack-a-Mole, JavaScript(JS), PHP, System Usability Scale
(SUS), Pengalaman Pengguna.
ABSTRACT
In the digital era, information technology has rapidly evolved, leading to significant
transformations, particularly in interactive games that are increasingly popular. This study
implements and analyzes a leaderboard system in a web-based Whack-a-Mole game to
enhance user engagement, with usability evaluated using the System Usability Scale (SUS)
method. The game was developed using JavaScript (JS) for a responsive and interactive
interface, and PHP for game logic and leaderboard data management. The leaderboard system
allows users to view rankings based on scores and time, creating a competitive experience.
Testing results indicate a high level of usability, with an average SUS score of 72, meeting
the standard threshold of acceptability. This research is expected to provide practical
contributions to the development of web-based game applications that enhance user
experience through the effective implementation of a leaderboard system.
Keywords: Leaderboard, Whack-a-Mole, JavaScript (JS), PHP, System Usability Scale
(SUS), User Experience.