IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PEMANFAATAN SISTEM LEADERBOARD PADA APLIKASI PERMAINAN Whack-aMole MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

JICHO TONDI TAMA PARDEDE

Informasi Dasar

45 kali
25.04.5908
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Dalam era digital, teknologi informasi berkembang sangat pesat sehingga menciptakan
transformasi yang sangat signifikat dibidang teknologi, seperti permainan interaktif yang
semakin diminati. Penelitian ini mengimplementasikan dan menganalisis sistem Leaderboard
pada permainan Whack-a-Mole berbasis website untuk meningkatkan keterlibatan pengguna
dengan evaluasi tingkat kegunaan (usability) menggunakan metode System Usability Scale
(SUS). Permainan ini dikembangkan menggunakan JavaScript(JS) untuk antarmuka yang
responsif dan interaktif, PHP untuk logika permainan dan pengelolaan data leaderboard.
Dengan adanya sistem leaderboard pengguna bisa melihat peringkat berdasarkan skor,
waktu, sehingga menciptakan pengalaman yang kompetitif. Hasil pengujian menunjukkan
bahwa sistem memiliki tingkat kegunaan yang tinggi dengan skor sus rata-rata 72 memenuhi
standar kelayakan. peneliti berharap penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam
mengembangkan aplikasi permainan berbasis web yang dapat meningkatkan pengalaman
pengguna melalui implementasi sistem leaderboard yang efektif.

Kata Kunci: Leaderboard, Whack-a-Mole, JavaScript(JS), PHP, System Usability Scale
(SUS), Pengalaman Pengguna.


ABSTRACT

In the digital era, information technology has rapidly evolved, leading to significant
transformations, particularly in interactive games that are increasingly popular. This study
implements and analyzes a leaderboard system in a web-based Whack-a-Mole game to
enhance user engagement, with usability evaluated using the System Usability Scale (SUS)
method. The game was developed using JavaScript (JS) for a responsive and interactive
interface, and PHP for game logic and leaderboard data management. The leaderboard system
allows users to view rankings based on scores and time, creating a competitive experience.
Testing results indicate a high level of usability, with an average SUS score of 72, meeting
the standard threshold of acceptability. This research is expected to provide practical
contributions to the development of web-based game applications that enhance user
experience through the effective implementation of a leaderboard system.

Keywords: Leaderboard, Whack-a-Mole, JavaScript (JS), PHP, System Usability Scale
(SUS), User Experience.

Subjek

COMPUTER GAMES
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PEMANFAATAN SISTEM LEADERBOARD PADA APLIKASI PERMAINAN Whack-aMole MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x, 28p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JICHO TONDI TAMA PARDEDE
Perorangan
Hilal Hudan Nuha, Ikke Dian Oktaviani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknologi Informasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • CBK4BAA4 - Tugas Akhir

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini