Nilai perusahaan merupakan suatu prestasi yang sesuai dengan keinginan pemilik perusahaan, karena dengan peningkatan suatu nilai peruasahaan maka akan berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan pemilik perusahaan. Ada beberapa model untuk memprediksi nilai perusahaan didalam suatu perusahaan, dalam penelitian ini menggunakan model PBV (Price Book Value).
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sales growth, growth opportunity, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Objek penelitian ini adalah Sub-sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2023. Data penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan sub-perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan populasi perusahaan sebesar 32 perusahaan dan periode penelitian selama 2019-2023 dan diperoleh 160 data sampel observasi yang diamati selama lima tahun. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regregsi data panel yang diolah menggunakan software Eviews 12.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa sales growth, growth opportunity, dan kebijakan dividen berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial sales growth berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, growth opportunity berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, dan kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan.