PENGARUH PERILAKU KEWIRAUSAHAAN STRATEGIS TERHADAP KINERJA BISNIS PADA UKM COFFEE SHOP DI KOTA BANDUNG: PERAN INOVASI MODEL BISNIS DAN INTENSITAS KOMPETISI - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD RIZKY RAMADHAN

Informasi Dasar

135 kali
25.04.6045
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri coffee shop di Kota Bandung mengalami pertumbuhan pesat dengan tingkat persaingan yang tinggi. Kondisi ini menuntut pelaku usaha untuk memiliki strategi yang tepat agar dapat mempertahankan kinerja bisnis secara berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana perilaku kewirausahaan strategis (strategic entrepreneurship behaviors/SEB) memengaruhi kinerja bisnis (business performance/BP), dengan mempertimbangkan peran inovasi model bisnis (business model innovation/BMI) sebagai mediator dan intensitas kompetisi (competitive intensity/CI) sebagai moderator. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan langsung antara SEB terhadap BP, hubungan tidak langsung melalui BMI, serta pengaruh moderasi dari CI terhadap hubungan antar variabel. Penelitian ini menjadi penting untuk memberikan pemahaman empiris bagi pelaku UKM dalam menyusun strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan dan meningkatkan daya saing bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan structural equation modeling berbasis partial least square (SEM-PLS). Data dikumpulkan dari 103 responden yang merupakan pelaku usaha coffee shop di Kota Bandung. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum dilakukan analisis hubungan antar variabel menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SEB berpengaruh positif dan signifikan terhadap BP, baik secara langsung maupun melalui BMI sebagai mediator parsial. BMI juga berpengaruh signifikan terhadap BP. CI terbukti memperkuat hubungan antara SEB terhadap BMI dan SEB terhadap BP, tetapi tidak berpengaruh pada hubungan BMI terhadap BP. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan perilaku kewirausahaan strategis dan inovasi model bisnis untuk meningkatkan kinerja bisnis dalam industri yang kompetitif. Disarankan agar pelaku usaha lebih adaptif terhadap perubahan pasar serta lebih responsif dalam mengembangkan strategi dan inovasi yang berkelanjutan.

Kata kunci: coffee shop, perilaku kewirausahaan strategis, inovasi model bisnis, intensitas kompetisi, kinerja bisnis.

Subjek

BISNIS
 

Katalog

PENGARUH PERILAKU KEWIRAUSAHAAN STRATEGIS TERHADAP KINERJA BISNIS PADA UKM COFFEE SHOP DI KOTA BANDUNG: PERAN INOVASI MODEL BISNIS DAN INTENSITAS KOMPETISI - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIZKY RAMADHAN
Perorangan
Muhammad Iqbal Alamsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini