Saat ini UMKM memiliki peran yang penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Tetapi, tantangan untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk merancang value proposition yang berkelanjutan bagi UMKM Watu Gunung Perkasa yang bergerak pada sektor pengolahan batu alam. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjaga relevansi bisnis dan meningkatkan daya saing UMKM Watu Gunung Perkasa dalam jangka waktu yang panjang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi eksploratif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dengan pemilik usaha dan para pemangku kepentingan. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa Watu Gunung Perkasa telah menciptakan nilai melalui pelayanan dan produk yang diberikan. Tetapi, masih terdapat beberapa peluang yang belum dimanfaatkan oleh Watu Gunung Perkasa. Dapat dilihat bahwa value mapping tools merupakan alat analisis yang efektif digunakan untuk merancang value proposition yang berkelanjutan bagi UMKM dengan analisis value captured, value missed, dan value destroy. Penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan literatur yang berkaitan dengan keberlanjutan bisnis dalam konteks UMKM.
Kata Kunci: Value proposition, keberlanjutan bisnis, UMKM, value mapping tools.