Perkembangan internet yang sangat masif memicu perubahan di segala aspek dan industri. Termasuk
pada industri media massa, sehingga terjadi era konvergensi terhadap media konvensional untuk
bertahan di era digital. Termasuk Harian Umum Pikiran Rakyat yang memiliki situs berita daring
Pikiran-Rakyat.com dalam naungan Pikiran Rakyat Media Network.Pikiran-Rakyat.com menjadi
salah satu media daring yang memberikan banyak informasi dan berita tidak hanya masyarkat
Bandung Raya ataupun Jawa Barat saja. Juga diakses secara nasional seperti kompetitor lainnya yaitu
Kompas dan Tribun News.
Tujuan Penelitian ini adalah Adapun tujuan yang ingin diperoleh dalam penelitian ini yang dirancang
dan disesuaikan dengan rumusan masalah adalah sebagai berikut Mengetahui pengaruh penggunaan
Search Engine Optimizaation terhadap peningkatan brand awareness, Mengetahui pengaruh
kegiatan Social Media Marketing Activities (SMMAs) terhadap peningkatan brand awareness,
Mengetahui pengaruh peningkatan brand awareness terhadap Brand Equity dan Mengetahui
pengaruh peningkatan brand awareness terhadap brand loyalty dari Pikiran-Rakyat.com
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan model persamaan
struktur atau disebut dengan Structural Equation Models (SEM) dan Partial Last Square (PLS)
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tanggapan responden mengenai Search Engine
Optimization (SEO), Brand Awareness, Brand Equity dan Brand Loyalty memilki kategori baik
sedangkan tanggapan pada variabel Social Media Marketing Activities (SMMAs) memiliki kategori
cukup baik. Hubungan antara Search Engine Optimization (SEO) dan Social Media Marketing
Activities (SMMAs) berpengaruh positif dengan Brand Awareness. Sedangkan hubungan Brand
Awareness memiliki pengaruh positif baik pada Brand Equity mauppun Brand Loyalty.
Kata Kunci: Digital Marketing, Search Engine Optimization (SEO),Social Media Marketing
Activities (SMMAs), Brand Awareness, Brand Loyalty, Brand Equity