PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN DENGAN NIAT PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK SKINTIFIC DI INDONESIA - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal

DWI AYU LESTARI PRACOYO

Informasi Dasar

56 kali
25.05.810
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Perkembangan digitalisasi telah mengubah strategi pemasaran dengan munculnya influencer marketing, khususnya melalui platform seperti TikTok dan Instagram. Kredibilitas influencer yang mencakup trustworthiness, expertise, dan attractiveness berperan penting dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen, terutama untuk produk skincare seperti Skintific. Namun, sebagian besar penelitian sebelumnya hanya melihat dampak langsung kredibilitas influencer tanpa mempertimbangkan peran variabel mediasi seperti niat beli. Selain itu, studi terkait efektivitas kredibilitas influencer dalam konteks produk skincare di Indonesia masih terbatas. 
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas influencer media sosial yang terdiri dari dimensi trustworthinessexpertise, dan attractiveness terhadap perilaku pembelian konsumen produk Skintific di Indonesia, dengan niat pembelian sebagai variabel mediasi. 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 327 responden pengguna media sosial yang pernah melihat promosi produk Skintific oleh influencer Tasya farasya. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi trustworthinessexpertise, dan attractiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dan purchase behavior. Selain itu, variabel purchase intention terbukti memediasi pengaruh trustworthiness dan expertise terhadap purchase behavior. Kendati demikian, ditemukan dalam penelitian ini bahwa variabel purchase intention tidak terbukti memediasi pengaruh attractiveness terhadap purchase behavior.  
Temuan ini memberikan kontribusi pada literatur pemasaran digital serta memberikan implikasi strategis bagi perusahaan dalam memilih influencer yang tepat untuk meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran mereka.
 
Kata Kunciattractiveness, expertise, purchase behavior, purchase intention, Skintific, trustworthiness

Subjek

DIGITAL MARKETING
 

Katalog

PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN DENGAN NIAT PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK SKINTIFIC DI INDONESIA - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWI AYU LESTARI PRACOYO
Perorangan
Maya Ariyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini