Pemanfaatan lteknologi linformasi ldalam lpelayanan lpublik lmenjadi lsalah lsatu lfokus lutama lDinas lKomunikasi ldan lInformatika l(Diskominfo) lKota lBandung ldalam lmendukung ltata lkelola lpemerintahan lyang lefektif ldan lresponsif. lNamun, luntuk lmemastikan llayanan lyang ldiberikan ltelah lmemenuhi lekspektasi lpengguna, ldiperlukan levaluasi lterhadap lkualitas llayanan lyang ltersedia. lPenelitian lini lbertujuan luntuk lmenganalisis lkualitas llayanan lteknologi linformasi l(TI) lyang ldisediakan loleh lDiskominfo lKota lBandung lserta lhubungannya lterhadap lkepuasan lpelanggan. lMetode lyang ldigunakan ladalah lpendekatan lService lQuality l(SERVQUAL) ldengan llima ldimensi lutama l(reliability, lresponsiveness, lassurance, lempathy, ldan ltangibles) lyang ldikombinasikan ldengan lanalisis lImportance lPerformance lAnalysis l(IPA). lPengumpulan ldata ldilakukan lmelalui lpenyebaran lkuesioner lkepada l114 lresponden linternal lDiskominfo lyang ldipilih lmenggunakan lteknik lpurposive lsampling. lHasil lanalisis lmenunjukkan ladanya lkesenjangan lnegatif lantara lharapan ldan lpersepsi lpengguna lpada lsebagian lbesar latribut llayanan, lterutama lpada laspek lkeandalan ldan ldaya ltanggap. lMelalui lpeta lIPA, lditemukan lbeberapa latribut lberada lpada lkuadran lprioritas lutama luntuk ldiperbaiki. lTemuan lini lmenjadi ldasar ldalam lmerumuskan lrekomendasi lstrategis lguna lmeningkatkan lkualitas llayanan lTI ldan lkepuasan lpelanggan linternal lDiskominfo lKota lBandung lsecara lberkelanjutan.
Keywords— lKualitas lLayanan, lTeknologi lInformasi, lSERVQUAL, lImportance lPerformance lAnalysis, lDiskominfo lKota lBandung, lKepuasan lPelanggan.