PERANCANGAN MODEL KONSEPTUAL DAN SISTEM KNOWLEDGE SHARING BERBASIS APLIKASI SERVICE DESK DI UNIT IT DIREKTORAT PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI TELKOM UNIVERSITY - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SHERLI YUALINDA

Informasi Dasar

88 kali
25.05.884
658.403 8
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Tingginya tingkat pergantian karyawan di unit Pengembangan Produk Teknologi Informasi Telkom University menyebabkan hilangnya pengetahuan penting yang berdampak pada penurunan produktivitas serta terganggunya keberlanjutan layanan. Permasalahan ini diperburuk oleh belum adanya sistem yang terintegrasi untuk mendokumentasikan dan mendistribusikan pengetahuan yang dimiliki oleh karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam kepada pemangku kepentingan di unit IT Direktorat PuTI Telkom University untuk menggali kebutuhan pengetahuan, hambatan knowledge sharing, serta potensi pemanfaatan aplikasi service desk sebagai media berbagi pengetahuan. Data hasil wawancara kemudian dianalisis menggunakan pendekatan Knowledge Value System (KVS) Framework dan dipetakan dalam bentuk journey map, knowledge canvas, service blueprint, knowledge capture template. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ticketing yang telah digunakan memiliki potensi untuk dioptimalkan sebagai platform knowledge sharing jangka panjang. Rancangan sistem yang diusulkan mencakup penguatan budaya berbagi, pemanfaatan jejaring sosial internal, integrasi teknologi informasi, serta sistem insentif salah satu contohnya adalah notion. Selain itu, penelitian ini juga mengusulkan integrasi teknologi Large Language Model (LLM) seperti ChatGPT sebagai knowledge broker untuk mendukung pencarian informasi, otomatisasi dokumentasi, serta ekstraksi pengetahuan dari data tidak terstruktur. Dengan pendekatan ini, sistem knowledge sharing diharapkan dapat berjalan lebih efektif, berkelanjutan, dan mendukung transfer pengetahuan secara kolaboratif dalam organisasi.
 
Kata Kunci: Knowledge Sharing, Knowledge Management, Teknologi Informasi, Large Model Language, Knowledge Value System Framework

Subjek

THESIS
 

Katalog

PERANCANGAN MODEL KONSEPTUAL DAN SISTEM KNOWLEDGE SHARING BERBASIS APLIKASI SERVICE DESK DI UNIT IT DIREKTORAT PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI TELKOM UNIVERSITY - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHERLI YUALINDA
Perorangan
Hanif Fakhrurroja, Taufik Nur Adi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Sistem Informasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • ISI6T6 - TESIS MAGISTER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini