IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KELAS X MAN 1 INDRAMAYU) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AHMAD FAUZI AMAMI

Informasi Dasar

30 kali
25.04.6529
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Trigonometri merupakan salah satu materi kelas X dalam mata pelajaran matematika yang mana seringkali dianggap sulit bagi sebagian besar siswa. Kompleksitas dalam materi tersebut mempengaruhi efektifitas hasil belajar siswa sehingga menjadi masalah dalam hasil belajar siswa. Riset yang dilakukan di MAN 1 Indramayu menunjukan lebih dari setengah siswa kelas X memiliki masalah belajar dalam efektifitas dan hasil belajar dalam materi trigonometri, sehingga diperlukan sebuah inovasi dalam peningkatan pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi Augmented Reality (AR). Inovasi teknologi ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalah di kelas X MAN 1 Indramayu, dimana AR ini akan mampu memvisualisasikan materi trigonometri sehingga lebih memudahkan para siswa dalam belajar memahami materi trigonometri. Perancangan Augmented Reality ini menggunakan metode design thinking yaitu emphatize, define, ideate, prototype dan test. Kemudian kelayakan implementasi Augmented reality ini akan di uji menggunakan system usability scale (SUS), apakah Augmented Relity ini layak dan sesuai dengan kebutuhan para siswa atau tidak. Dan efektifitas dan hasil belajar para siswa akan ditentukan melalui uji komparasi dengan membandingkan sampel A dan B. Pada akhirnya, implementasi Augmented Reality ini diharapkan dapat membuat visualisasi objek trigonometri dengan 3D sehingga mampu memberikan daya tarik dan minat siswa dalam belajar, sehingga mampu memberikan ruang belajar yang lebih efektif, mudah dan dapat difahami.

Kata kunci: Pembelajaran Trigonometri, Augmented Reality, Design Thinking.

Subjek

AUGMENTED REALITY
 

Katalog

IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KELAS X MAN 1 INDRAMAYU) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
vii, 58p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD FAUZI AMAMI
Perorangan
Ati Suci Dian Martha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • CAK4IBB3 - Desain Interaksi
  • CII3A3 - INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
  • CII2E2 - RPL: ANALISIS KEBUTUHAN
  • CII3J4 - RPL: DESAIN DAN IMPLEMENTASI
  • CAK4FAA4 - Tugas Akhir

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini