Pembelajaran membaca Al-Qur'an secara konvensional memiliki nilai esensial yang tak tergantikan. Namun, untuk memperkaya pengalaman belajar bagi generasi digital, diperlukan adanya media pendukung yang modern dan interaktif. Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi pembelajaran berbasis web dengan elemen gamifikasi yang dirancang menggunakan Kerangka Kerja Octalysis. Fitur-fitur seperti progres belajar terstruktur, sistem poin (XP), dan rentetan harian (streak) diimplementasikan secara strategis untuk meningkatkan motivasi pengguna dengan menyasar motivator inti mereka. Proses pengembangan aplikasi ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang mencakup langkah-langkah analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian fungsional. Tools utama yang digunakan dalam pengembangan adalah React dan TypeScript untuk membangun antarmuka pengguna di sisi klien, serta memanfaatkan Supabase sebagai Backend-as-a-Service (BaaS). Kesimpulan dari penelitian ini adalah berhasil dihasilkannya sebuah prototipe aplikasi web fungsional, yang divalidasi melalui pengujian kebergunaan dengan metode System Usability Scale (SUS) dan memperoleh skor rata-rata 82,9 dari 18 responden, yang termasuk dalam kategori "Excellent". Hasil ini membuktikan bahwa prototipe mampu menyediakan pengalaman belajar pendukung yang efektif dan menyenangkan, serta menjawab kebutuhan akan media pelengkap pembelajaran Al-Qur'an yang modern.