Penelitian ini membahas penerapan komunikasi client-server menggunakan protokol HTTP untuk sistem leaderboard pada permainan Hangman, serta evaluasi kegunaannya dengan System Usability Scale (SUS). Permainan Hangman merupakan sebuah permainan teka-teki yang populer, di mana pemain harus menebak kata dengan batasan jumlah kesalahan. Sistem ini dirancang menggunakan protokol HTTP untuk mendukung proses pengiriman dan penyimpanan data skor pemain secara efektif. Evaluasi sistem dilakukan dengan mengumpulkan tanggapan pengguna melalui kuesioner SUS, yang bertujuan untuk menilai kemudahan penggunaan serta tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem leaderboard. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan metode SUS memberikan wawasan yang penting terkait pengalaman pengguna, serta mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas sistem. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan sistem serupa, khususnya pada permainan berbasis kompetisi.
Kata Kunci: Client-Server, HTTP, Leaderboard, Permainan Hangman, SUS.