Presentia dikembangkan sebagai aplikasi presensi berbasis web dengan pendekatan multi-tenant yang melayani berbagai sekolah. Perancangan UI/UX dilakukan menggunakan pendekatan Lean UX yang selaras dengan kerangka kerja Agile untuk menghasilkan desain antarmuka yang intuitif, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini meliputi tahapan analisis kebutuhan, deklarasi asumsi, pembuatan MVP, serta pelaksanaan eksperimen dan mengumpulkan umpan balik melalui usability testing menggunakan platform Maze dan kuesioner SUS. Evaluasi dilakukan terhadap aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pada kelompok pengguna staf sekolah, admin sekolah, dan superadmin. Hasil evaluasi menunjukkan Completion Rate masing-masing sebesar 79.86%, 94.44%, dan 95.83%; Time-Based Efficiency sebesar 0.066, 0.038, dan 0.043 task/detik; serta skor SUS sebesar 70 (C), 91 (A+), dan 79 (A−), yang semuanya termasuk dalam kategori Acceptable. Selain itu, sebagian besar umpan balik dari partisipan bersifat positif, menunjukkan bahwa desain antarmuka dinilai jelas dan mudah dipahami. Hasil ini membuktikan bahwa pendekatan Lean UX efektif dalam perancangan UI/UX aplikasi Presentia yang dapat diterima oleh berbagai kelompok pengguna.