Malcolm Baldrige adalah salah satu alat pengukuran kinerja secara internasional yang digunakan perusahaan karena dianggap memiliki cakupan yang lebih luas dibanding tolok ukur yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi kriteria malcolm baldrige yang telah dilakukan PTPN III agar dapat menaikkan skor baldrige dibandingkan tahun sebelumnya. Obyek studi penelitian ini adalah PT. Perkebunan III Persero dengan periode penelitian 2010-2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang mengacu pada pengukuran dimensi proses ADLI (Approach-Deployment-Learning-Integration) pada setiap kategori bisnis Malcolm Baldrige. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kategori leadership dan kategori customer focus masih pada tahapan Learning,sedangkan pada kategori strategic planning, measurement, analysis,and knowledge management, workforce focus, dan process management sudah berada pada tahap Integration.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Malcolm Baldrige.