ABSTRAK
Pertumbuhan penduduk setiap tahun selalu bertambah, dengan seiring bertambahnya jumlah penduduk maka kebutuhan manusia pun semakin beraneka ragam, dan itu telah memicu timbulnya berbagai jenis industri yang salah satunya adalah industri toiletries salah satu produknya yang dibutuhkan masyarakat yaitu shampoo. Untuk menarik perhatian calon konsumen, produsen-produsen shampoo melakukan promosi besar-besaran. Promosi melalui periklanan seperti iklan pada media televisi merupakan tools marketing yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian seseorang. Hal itulah yang di lakukan oleh Unilever untuk mempromosikan produk TRESemme agar menarik perhatian calon konsumen melakukan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap daya tarik iklan televisi, persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian, seberapa besar pengaruh daya tarik iklan media televisi terhadap proses keputusan pembelian produk shampoo TRESemme di Kota Bandung baik secara parsial dan simultan.
Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner terhadap 400 responden TRESemme. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SPSS 20.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh daya tarik iklan media televisi terhadap proses keputusan pembelian sebesar 52,7%, sedangkan sisanya 47,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini seperti bauran promosi lainnya selain periklanan yaitu promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan secara pribadi, maupun pemasaran langsung. Diantara pesan iklan, ilustrasi cerita, music/jingle iklan, dan bintang iklan, music/jingle iklan mempengaruhi proses keputusan pembelian paling tinggi sebesar 18,17%.
Saran bagi TRESemme agar lebih mengoptimalkan iklan di Televisi, sehingga calon konsumen yang melihat atau menonton iklan tersebut dapat tertarik untuk membeli produk TRESemme. TRESemme sebaiknya terus berinovasi mencari dan terus menggali ide-ide kreatif agar iklan televisi produk TRESemme tidak monoton baik itu dari segi cerita, musik/jingle, maupun bintang iklan karena salah satu cara untuk membuat calon konsumen tertarik yaitu dengan promosi atau marketing yang menarik dan memiliki perbedaan. Selain menggunakan Televisi sebagai media informasi, TRESemme juga dapat menggunakan Internet, karena selain Televisi, Internet berpotensi sebagai media penyebaran informasi karena banyaknya konsumen TRESemme yang menggunakan Internet.
Kata kunci : Daya Tarik Iklan, Televisi, Proses Keputusan Pembelian, TRESemme