Konsep tentang kualitas jasa, kepuasan peserta pelatihan dan loyalitas jasa saling berhubungan satu dengan lainnya. Hubungan antara peserta pelatihan dan loyalitas dipengaruhi pula oleh karakteristik produk dan pola pembeliannya. Jika permintaan merupakan suatu kegiatan rutin (habit) maka kemungkinan peserta pelatihan akan loyal kepada merek/perusahaan sangat tinggi. Penelitian ini menganalisis pola hubungan antara variabel nilai dari kinerja, tingkat kepuasan peserta yang mengikuti pelatihan dengan permintaan pelatihan lagi atau loyalitasnya.
Peserta yang mengikuti pelatihan dengan berbagai latar belakang pendidikan, asal daerah, jenis kelamin maupun pendidikan memiliki ekspektasi tersendiri mengenai harapan akan pelayanan terhadap penyelenggaraan pelatihan, untuk itu Telkom Professional Development Center perlu mengkaji ulang pelayanan yang diberikan selama ini kepada peserta yang mengikuti pelatihan atau bahkan mengevaluasinya demi kepuasan peserta pelatihan dan permintaan pelatihan lagi.
Populasi yang dijadikan objek penelitian adalah para peserta yang mengikuti pelatihan di Telkom Professional Development Center Bandung sejumlah 171 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau Path Analysis. Tujuannya adalah untuk menerangkan akibat langsung dan tidak langsung dari satu atau lebih variabel sebagai variabel penyebab (independent) terhadap variabel lainnya sebagai variabel akibat (dependent).