ABSTRAKSI: Salah satu tantangan dalam pengembangan VoIP adalah manajemen trafik jaringan karena sifat VoIP yang menumpang pada jaringan internet. Padahal internet adalah jaringan konvergen yang sangat sibuk dengan banyak aplikasi yang menggunakannya.
Penerapan mekanisme antrian yang dapat membedakan jenis trafik merupakan salah satu bentuk manajemen trafik jaringan. PQ dan CBQ adalah beberapa mekanisme antrian yang menerapkan penggolongan trafik menjadi kelas-kelas dengan prioritas. Paper ini adalah untuk menganalisa performansi dan QoS dari penerapan metode antrian PQ dan CBQ untuk layanan VoIP.
Penerapan metode antrian CBQ dengan mekanisme link-sharing lebih tepat untuk diterapkan pada jaringan yang menyediakan layanan VoIP dibandingkan dengan metode antrian PQ karena CBQ dapat membagi resource sehingga trafik jaringan tidak kekurangan resource.Kata Kunci : VoIP, PQ, CBQ, link-sharing, QoS, resource.ABSTRACT: One of the challenges in the VoIP development is how it is to manage network traffics because VoIP is just one of the thousands of traffics that are using internet networks. Meanwhile, internet is convergent networks which is always very busy with so many applications using it.
The implementation of queueing mechanisms that are able to distinguish network traffics is one of the mechanisms to manage network traffics. PQ and CBQ are some of that mechanisms which are able to distinguish and group the traffics into several classes with each priority. This final task is done to analise the performance and QoS from the implementation of PQ and CBQ to manage VoIP services.
The simulation results show that CBQ implementation with link-sharing is more suitable than PQ implementation to be implemented in networks with VoIP services running on it because CBQ can share the network resources among the other network traffics.Keyword: VoIP, PQ, CBQ, link-sharing, QoS, resource.