ABSTRAKSI: Dari tahun ke tahun, aplikasi dan pengguna Social Web semakin banyak di World Wide Web (www). Antar pengguna saling bertukar informasi pada setiap apliksi Social Web yang berbeda-beda. Semantic Web merupakan suatu cara untuk menyatukan interaktifitas pengguna, kolaborasi informasi, mendukung agregasi data dan berbagi data.
Penelitian ini melakukan analisis terhadap kebutuhan dari model pengguna yang mendukung proses berbagi data dan agregasi data pengguna untuk meningkatkan layanan personalisasi dan rekomendasi.
Tiga aplikasi yang dipilih menjadi data set yaitu Facebook, Twitter dan Google plus. Ketiga aplikasi ini dianalisis untuk mengetahui atribut dari model pengguna umum yang memungkinkan berbagi data pengguna dan menganalisis apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan model pengguna dengan melakukan agregasi pada masing-masing atribut. Sehingga, penelitian ini menggunakan pendekatan Social Web User Model (SWUM) yang merupakan pemodelan baru untuk memenuhi kebutuhan pada aplikasi Social Web tersebut. Terdapat tiga tahapan utama untuk pembangunan model dengan SWUM yaitu proses pemilihan data set, proses requirement for SWUM dan profile aggregation with the SWUM. Selain itu, didalam proses requirement for SWUM terdapat tiga sub proses di dalamnya yaitu User Model Dimensions, User Model Attributes dan User Model WordNet yang dipakai untuk mencari profile aggregation dan mengatasi masalah keberagaman atribut sebagai bagian dari model pengguna untuk mendukung agregasi pengguna model.
Hasil analisis penelitian ini berupa tabel agregasi atribut pada setiap aplikasi data set Facebook, Twitter dan Google plus. Terdapat beberapa rekomendasi atribut untuk menyeragamkan atribut yang ada di ketiga aplikasi data set.Kata Kunci : SWUM, agregasi, berbagi data, model penggunaABSTRACT: From year to year, more applications and users of Social Web on the World Wide Web (www). Between users are exchange the information in every different Social Web. Semantic Web is a way to unify the user interactivity, information collaboration, support data aggregation and data sharing.
This research conducted an analysis the needs of the user model that supports the process of data sharing and aggregation of user data to improve personalization and recommendation services.
Three applications are chosen to be a data set including Facebook, Twitter and Google plus. They are analyzed to determine the attributes of the general user model which allows sharing of user data and analyze what is needed to improve the user model with doing aggregation on each attribute. Thus, this research uses the Social Web User Model (SWUM) approach which is a new model to satisfy the needs of the Social Web application. There are three main stages to develop model with SWUM including the process of selecting a data set, the requirement for SWUM and profile aggregation with the SWUM. In addition, in the requirement for SWUM, there are three sub processes within such as the User Model Dimensions, User Model Attributes and User Model WordNet that used to find profile aggregation and slove the diversity of attribues issues as part of the user model to support the aggregation of the user model.
The results of this research are tables of aggregation attributes on each application data set that Facebook, Twitter and Google plus. There are some recommendations attributes for uniformity of attributes in the third applications of data set.Keyword: SWUM, aggregation, data sharing, user model