ABSTRAKSI: Mobile Number Portability adalah sebuah layanan yang memungkinkan pelanggan untuk pindah operator tanpa melakukan pindah nomor. Dalam Roadmap Ditjen Postel, MNP dibahas regulasinya tahun 2011.
Study dan desain penerapan MNP dalam buku ini meliputi benchmark pada negara – negara yang telah mengimplementasikan layanan MNP. Analisis behavior pada pelanggan pra dan pasca bayar, kesiapan infrastruktur operator, dimensioning kebutuhan infrastruktur hingga roadmap implementasi MNP
Dari berbagai analisis diatas disimpulkan Indonesia siap menggelar layanan MNP pada tahun 2015. Dengan kebutuhan database sebesar 165 GB. Arsitektur yang kompatibel dengan operator eksisting adalah IN (Intelligent Network) dengan metode routing QoR (Query on Release).
Behavior pelanggan menunjukan bahwa yang mempengaruhi mereka untuk porting adalah tingkat kepuasan dan harga layanan. Sehingga, penerapan MNP akan mendorong persaingan operator yang mengarah pada kualitas.
Kata Kunci : MNP, behavior pelanggan, IN, QoR, Dimensioning, RoadmapABSTRACT: Mobile Number Portability is a servie that allows subscribers to switch operators without “moving” their number. In Ditjen Postel’s Roadmap, the service’s regulation will be discussed in 2011.
Study design and implementation of MNP in this research consist of benchmark to the countries that been implemented MNP service. Analysis of costumer behavior perfomed on pre and post paid subscriber, also contain readiness of the infrastructure between operators, dimensioning that needed for implementation then formulate a Roadmap to implementing MNP in Indonesia.
From Anlysis above, can be cloncuded that Indonesia ready to hold MNP service in 2015, with 165 GB needed for database. Infrastructure based on IN is selectable with QoR for routing method.
Costumer behavior that affected them to porting are the level of satisfaction and services price. So, the implementation MNP will encourage competition to the quality performance.Keyword: MNP, Costumer behavior, IN, QoR, Dimensioning, Roadmap