ABSTRAKSI: Keamanan adalah hal yang sangat penting, rasa aman akan tercapai jika kondisi sekitar kita aman dan kondusif. Tapi sekarang ini banyak sekali hal-hal yang dapat membuat kita tidak nyaman dan merasa was was, dikarenakan banyaknya tindakan kriminal yang terjadi di sekita kita, salah satunya yaitu banyaknya pencurian sepeda motor yang terjadi sekarang ini.
Oleh karena itu, penulis membuat suatu alat yang akan dipasang di sepeda motor yang digunakan sebagai sistem keamanan sepeda motor yang bertujuan untuk mengurangi tingkat pencurian sepeda motor yang terjadi. Alat yang di buat terdiri dari dua buah Handphone, Detector Dual Tone Multiple Frequency (DTMF), rangkaian Mikrokontroller, Relay. Handphone untuk interface ke motor dan untuk pengguna. Detector DTMF berfungsi sebagai pengubah frekuensi DTMF menjadi bentuk digital, Relay berfungsi sebagai saklar untuk menyambung dan memutuskan aliran listrik dan CDI pada sepeda motor.
Setelah dilakukan pengujian, perangkat yang telah direalisasikan dapat bekerja dengan rata-rata delay sistem ( proses perintah sampai eksekusi perintah) sekitar 1,3 – 1,5 detik untuk mengendalikan sistem on/off kelistrikan, CDI(Capasitor Discharge Ignition), starter dan klakson. Dan jarak maksimal yang di ujikan sekitar 1,463 KMKata Kunci : Handphone, Mikrokontroller, Relay, DTMF, CDIABSTRACT: Security is very important, security would be achieved if conditions around us are safe and conducive. But now so many things that can make us feel uncomfortable and anxious, because there are many crimes are happening around us, one of which is many motorcycle thefts are happening now.
Therefore, the authors make a device that will be installed on a motorcycle and use to motorcycle security system that aims to reduce the rate of motorcycle theft occurs. The tool made of two pieces of Mobilephone, Detector Dual Tone Multiple Frequency (DTMF), microcontroller circuits, Relay. Mobilephone to interface to motorcycle and user. DTMF detector use to converter DTMF signal into a digital form, Relay as a switch to connect and disconnect the power and the CDI on the bike.
After testing, the device has been realized that can work with an average delay of the system (the command to execute command) about 1.3 to 1.5 seconds for the control system on / off electrical, CDI (Capacitor Discharge Ignition), starter and horn . And the maximum distance on testing around 1.463 KMKeyword: Mobilephone, Microcontroller, Relay, DTMF, CDI