MOTIVASI MAHASISWA BARU 2015 DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS TELKOM
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan forum focus group discussion (FGD) dan studi literatur. Data analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui motivasi calon mahasiswa baru 2015 dalam mengambil keputusan untuk memilih program studi ilmu komunikasi Universitas Telkom sebagai pilihan untuk melanjutkan perkuliahan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, motivasi mahasiswa baru 2015 dalam memilih Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom dipengaruhi oleh tiga komponen motivasi. Ketiga komponen itu menurut Dimyati dan Mudjiono adalah, (1) Kebutuhan, (2) Dorongan, (3) Tujuan. Berdasarkan tiga komponen motivasi tersebut akhirnya terbentuk motivasi dari para mahasiswa baru 2015 dalam memilih Program Studi Ilmu Komunikasi yaitu (1) Kebutuhan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, (2) Dorongan dari diri sendiri, dan (3) Keinginan untuk bekerja di bidang komunikasi.
Kata Kunci : Industi Komunikasi, Motivasi, Komponen Motivasi