REPRESENTASI CANTIK PEREMPUAN INDONESIA DALAM IKLAN TELEVISI CITRA HANDBODY LOTION 'DARI CITRA UNTUK PEREMPUAN INDONESIA'

FEBRI DWI RATNA SARI

Informasi Dasar

159 kali
16.04.631
659.143
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Cantik secara umum dapat dimaknai sebagai sesuatu yang indah, bagus, dan mempesona. Cantik sendiri merupakan suatu representasi yang sengaja dibentuk oleh media agar masyarakat mempercayai cantik yang dibentuk tersebut. Media yang dimanfaatkan salah satunya adalah dengan menggunakan media iklan sebagai alat penyebarannya. Di dalam iklan terdapat makna-makna serta mitos yang digunakan untuk dapat menanamkan kepercayaan mengenai pesan iklan kepada masayarakat . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna denotasi, konotasi serta mitos yang terkandung dalam iklan televisi Citra Handbody Lotion. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif , analisis semiotika dari Roland Barthes. Berdasarkan hasil penelitian, ditarik kesimpulan pemaknaan denotatif pada iklan Citra bahwa Citra merupakan produk handbody lotion yang menjunjung tinggi kebudayaan dan warisan budaya Indonesia terutama pada kecantikan perempuan Indonesia. Terdapat pemaknaan konotasi yaitu mengenai kecantikan perempuan Indonesia dari berbagai daerah berdasarkan kebudayaan dari masing-masing daerahnya. Untuk pemaknaan mitosnya adalah mitos kecantikan perempuan Indonesia yang dipandang dari sudut adat-istiadat dan kebudayaannya.

Kata Kunci: iklan, semiotika, Roland Barthes.

Subjek

ADVERTISING IN TELEVISION
SEMIOTICS

Katalog

REPRESENTASI CANTIK PEREMPUAN INDONESIA DALAM IKLAN TELEVISI CITRA HANDBODY LOTION 'DARI CITRA UNTUK PEREMPUAN INDONESIA'
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBRI DWI RATNA SARI
Perorangan
Ratih Sudrajat, S.Sos., M.Si
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini