ABSTRAK
Tempat wisata Ciletuh Geopark memiliki potensi alam yang bagus, memiliki keragaman tempat wisata dalam satu kawasan dan memiliki nilai sejarah. Tetapi pengunjung yang datang ketempat wisata ini hanya sedikit. Jika potensi wisata ini tidak di jalankan ataupun dikembangkan lagi, maka akan ditakutkan tempat wisata ini akan di kelola oleh pihak asing untuk keuntungan pribadi. Perancangan ini menggunakan analisis 5W+1H (What, Who, Why, Where, When dan How) yang diperdalam menggunakan analisis Target audience yang terdiri dari Personifikasi Target Audience, consumer insight dan consumer journey serta dalam penyampaian pesan menggunakan metode AISAS (Attention, Interest, Search, Action, & Share) untuk membuat promosi yang efektif. Dari metode yang digunakan maka dihasilkan pesan “Sejarah dapat, liburan tetap” dan media yang digunakan dalam promosi ini adalah aplikasi, website,poster, brosur, x-banner. Dari perancangan promosi yang sesuai dengan terget audiens diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan memperkenalkan tempat wisata Ciletuh Geopark kepada masyarakat.
Kata Kunci : Tempat Wisata, Promosi, Ciletuh Geopark