Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom) merupakan salah satu institusi penyelenggara pendidikan tinggi di Indonesia. Sebagai perguruan tinggi yang memberikan layanan pendidikan, STISI Telkom tidak terlepas dari upaya penjaminan mutu sebagai salah satu cara tanggung jawab kepada publik atas layanan yang diberikan. Sistem ISO 9001:2008 adalah salah satu Sistem Penjaminan Mutu yang dapat diterapkan. Standar mutu ini mempersyaratkan dokumen-dokumen untuk mendukung penerapannya, salah satunya adalah 6 SOP yang harus ditetapkan, didokumentasikan, diterapkan dan dipelihara.
Dalam 6 standard operating procedures STISI Telkom, digunakan beberapa data, antara lain kondisi existing, data benchmarking perguruan tinggi lain ( IT Telkom dan Universitas Brawijaya), dan klausul ISO 9001:2008. Data tersebut digunakan untuk identifikasi dan analisis klausul ISO 9001:2008, serta analisis benchmarking.
Identifikasi dan analisis klausul ISO 9001:2008 dilakukan dengan mengidentifikasi kepentingan klausul-klausul tersebut sehingga menjadi salah satu requirment dalam penerapan ISO 9001:2008. Sedangkan analisis benchmarking dilakukan dengan membandingkan standar operating procedures perguruan tinggi lain. Pada analisis benchmarking ini, setiap klausul mempunyai requirment masing-masing untuk dijadikan standard operating procedures. Requirment inilah yang dijadikan kriteria pembanding.
Rancangan yang diusulkan dalam penelitian ini adalah (1) SOP Pengendalian Dokumen (2) SOP Pengendalian Rekaman (3) SOP Audit Internal (4) SOP Produk Tidak Sesuai (5)SOP Tindakan Perbaikan dan Tindakan Pencegahan Standard Operating Procedures, ISO 9001:2008, Benchmarking