Dalam beberapa tahun terakhir, Social Network hadir dan menghentak semua pengguna internet dengan teknologinya yang menyediakan akses komunikasi jarak jauh antar pengguna. Mulai dari Friendster, Facebook, hingga yang paling familiar bagi pengguna internet yaitu Twitter. Fenomena Social Network ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengguna internet dalam beberapa tahun terakhir ini, kondisi ini mengundang sebagian kalangan untuk melakukan riset mengenai pola interaksi antar pengguna-nya, mulai dari aspek komunikasi, informasi hingga pengukuran tingkat popularitas seorang pengguna yang dikenal dengan istilah Social Network Analysis. Social Network Analysis merupakan proses pemetaan dan pengukuran relasi pada struktur sosial antara orang ke orang. Berdasarkan definisi diatas, alur relasi antar orang ke orang tersebut dapat dipetakan dalam bentuk Graf. Pada Twitter, relasi setiap orang dapat terbentuk dari interaksi Following/Followed dan Mention dimana setiap user digambarkan sebagi node, sementara relasinya digambarkan sebagai edge. Relasi ini mempengaruhi tingkat popularitas setiap orang, setiap relasi akan diberikan bobot yang diberi istilah Centrality. Metode Katz Centrality melakukan perhitungan dengan mengukur Centrality dari semua node yang dapat saling terhubung melalui node terdekatnya dengan konsekuensi nilai redaman Attenuation Factor ?. Dalam penelitian tugas akhir ini, penulis mencoba untuk mengukur tingkat popularitas suatu node didalam sebuah jaringan dengan mengimplementasikan metode Katz Centrality. Social Network Analysis, Katz Centrality, Centrality