ABSTRAK
Wallpainting merupakan media yang sedang populer digunakan oleh perusahaan operator seluler sebagai salah satu periklanan luar ruang. Media ini pun banyak digemari oleh perusahaan karena harganya murah. Penelitian ini membahas tentang wallpainting milik Indosat yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness tentang Indosat. Namun, dikarenakan masih tergolong baru, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa wallpainting dapat meningkatkan brand awareness.
Dengan demikian, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media wallpainting dengan brand awareness Indosat. Jenis penelitian ini adalah kuantatif, dengan metode korelasional. Responden yang dipilih adalah 400 penumpang depan dan supir pengendara mobil yang mengakses jalan tol Purbaleunyi. Analisis data yang digunakan yaitu korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan aplikasi SPSS versi 18 (PASW).
Hasil penelitian pengujian korelasi Pearson Product Moment membuktikan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan wallpainting dengan brand awareness Indosat, dengan nilai koefisen korelasi sebesar 0.092. walaupun, tanggapan responden terhadap wallpainting maupun brand awareness berada dalam kategori baik.
Kata Kunci: periklanan, iklan luar ruang, wallpainting, logo, brand, brand awareness.