PERANCANGAN VISUAL MEDIA PROMOSI
COCOA SERIES PRODUK MUSTIKA RATU
Oleh:
Muna Agnita
109300101
Impian akan kecantikan fisik mempengaruhi gaya hidup wanita untuk memilih perawatan kecantikan. Tolok ukur kebarat-baratan menjadi suatu standar kecantikan sejak zaman kolonial, kini semakin berkembangnya zaman, pergeseran nilai kecantikan pun berubah, memiliki kulit eksotis, indah, halus, dan bersih merupakan hal terpenting bagi wanita. Berbagai macam produk kecantikan dari luar dan dalam negeri semakin bersaing ketat untuk menjadi produk unggul yang dipilih wanita. Cocoa Series sebagai rangkaian produk spa baru dari Mustika Ratu. ini memerlukan media pendukung untuk menjadi produk unggulan dalam negeri. Pendekatan budaya pun diperlukan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia yang tercermin dari Cocoa Series yang berciri tradisional yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri. Minimnya media promosi membuat produk ini kurang dikenal oleh masyarakat.
Metode yang digunakan adalah pengamatan atau observasi dan pencatatan, wawancara, serta studi pustaka sehingga didapatkan data bahwa dibutuhkan perancangan visual media promosi Cocoa Series. Produk tersebut memang kurang dikenal dan memerlukan media promosi yang berkonsep untuk mendukung dan memperkenalkan produk sesuai segmentasi pasarnya.
Konsep perancangan media promosi ini adalah pendekatan budaya Indonesia khususnya tradisi Jawa yang dikemas secara modern dan elegan. Motif batik Sekar Jagad dari daerah Madura digunakan sebagai unsur visual yang utama. Media yang dirancang adalah print ad untuk majalah, pop up banner, katalog, pouch, transit ad, kupon voucher, produk display, dan goodie bag. Diharapkan perancangan ini dapat membantu PT. Mustika Ratu, Tbk. dalam mempromosikan produknya.
Kata Kunci: produk spa, Mustika Ratu, Cocoa Series, media promosi