ABSTRAK
PERANCANGAN PROMOSI API ABADI MRAPEN
DI KABUPATEN GROBOGAN
Oleh
Nindita Ayu Ariendya
NPM: 109300036
Api Abadi Mrapen adalah sebuah kawasan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi tempat wisata. Selain keunikan fenomena alam yang dimiliki oleh kawasan ini, Api Abadi Mrapen mempunyai sejarah dalam penyebaran agama Islam oleh Walisongo khususnya Sunan Kalijaga. Tetapi belum banyak orang yang mengetahui tentang kawasan wisata Api Abadi Mrapen ini karena kurangnya promosi yang dilakukan oleh pemerintah daerah Jawa Tengah. Mengingat kawasan wisata ini berpotensi untuk dikembangkan, diperlukan promosi untuk mengenalkan kawasan Api Abadi Mrapen ke masyarakat luas, khususnya masyarakat di sekitar Jawa Tengah.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi pustaka, didapatkan data bahwa kawasan wisata ini membutuhkan perancangan promosi untuk mengenalkan kawasan Api Abadi Mrapen ke masyarakat.
Konsep Perancangan kali ini adalah Sejarah Sunan Kalijaga, dalam perancangan ini yang diangkat adalah sejarah penyebaran agama Islam oleh Sunan Kalijaga di Jawa. Perancangan promosi Api Abadi Mrapen menggunakan unsur kebudayaan Jawa Tengah seperti motif batik Semarangan dan materi yang terdapat di kawasan tersebut seperti api sebagai acuan dalam visualisasi media promosi. Media promosi Api Abadi Mrapen meliputi brosur, booklet, guidence book, souvenir, iklan koran, dan event. Diharapkan perancangan ini dapat membantu Dinas Pemuda dan Olahraga dalam mempromosikan kawasan wisata yang lebih baik dan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Api Abadi Mrapen.
Kata Kunci : Promosi, Sejarah, Desain Media, Mrapen, Tempat Wisata