Puskesmas Banyumudal adalah fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Pemalang, berlokasi di KM 1, Banyumudal, Jalan Raya Moga-Karangsari, Kecamatan Moga, Jawa Tengah. Puskesmas ini bertujuan untuk meningkatkan standar dan pemerataan layanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat. salah satu kendala utama yang sering dihadapi adalah kurangnya pengelolaan antrian pasien yang masih menggunakan sistem manual, menyebabkan antrian panjang dan tidak teratur sehingga mengakibatkan waktu tunggu pasien tidak efisien dan kurang efektif. penelitian ini dilakukan untuk membangun suatu sistem sistem pelayanan antrian Puskesmas Banyumudal yang lebih efisien dan efektif. dengan menggunakan metode waterfall, melalui sistem ini, diharapkan efisiensi pelayanan meningkat dengan mengurangi durasi antrian pasien serta meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik. metode ini melibatkan tahapan-tahapan yang jelas, mulai dari menganalisis kebutuhan, merancang desain, dan pengujian. berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpul