Perancangan Kampanye Kesehatan Tentang Pencegahan Diabetes Melitus Untuk Kalangan Generasi Z Di Kota Bandung Besama Teh Botol Sosro Tawar - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ZAIN HABIB MUHAMMAD MARPAUNG

Informasi Dasar

9 kali
25.04.1050
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu penyakit tidak menular yang

prevalensinya terus meningkat, termasuk di kalangan generasi muda. Gaya hidup

modern dan pola konsumsi yang tidak sehat, seperti kebiasaan mengonsumsi

minuman manis, menjadi faktor utama yang meningkatkan risiko penyakit ini.

Generasi Z, sebagai kelompok usia yang rentan dan sangat terpapar gaya hidup

praktis, membutuhkan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kesadaran

mereka terhadap bahaya konsumsi gula berlebih.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang kampanye kesehatan berbasis

desain komunikasi visual guna meningkatkan kesadaran Generasi Z terhadap

pentingnya mengadopsi gaya hidup sehat dan mencegah risiko Diabetes Melitus.

Metode penelitian melibatkan observasi, wawancara dengan ahli, serta survei

untuk memahami persepsi audiens terhadap pesan kesehatan. Kampanye

dirancang menggunakan elemen visual yang menarik, seperti infografis, dan

poster, serta didistribusikan melalui media sosial dan event interaktif, dalam

kampanye ini, Teh Botol Sosro Tawar diperkenalkan sebagai alternatif minuman

sehat tanpa gula, yang mendukung pola hidup sehat, sekaligus menjadi sponsor

utama acara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan berbasis desain

komunikasi visual mampu memberikan pengaruh positif terhadap perubahan

persepsi dan perilaku Generasi Z terkait konsumsi gula. Dengan dukungan Teh

Botol Sosro Tawar sebagai bagian dari kampanye, inisiatif ini diharapkan dapat

berkontribusi dalam upaya pencegahan Diabetes Melitus, khususnya di kalangan

generasi muda.

Kata Kunci: Teh Botol Sosro Tawar, Diabetes Melitus, Generasi Z, Kampanye

Kesehatan, AISAS, Desain Komunikasi Visual
Diabetes Mellitus (DM) is a non-communicable disease with an increasing

prevalence, including among the younger generation. Modern lifestyles and

unhealthy consumption patterns, such as the habit of consuming sugary drinks,

are major factors contributing to the risk of this disease. Generation Z, as a

vulnerable age group heavily exposed to practical lifestyles, requires effective

approaches to raise awareness of the dangers of excessive sugar consumption.

This study aims to design a health campaign based on visual

communication design to raise Generation Z's awareness of the importance of

adopting a healthy lifestyle and preventing the risk of Diabetes Mellitus. The

research methods include observation, expert interviews, and surveys to

understand the audience's perception of health messages. The campaign

incorporates engaging visual elements, such as infographics and posters, and is

distributed through social media and interactive events. In this campaign, Teh

Botol Sosro Tawar is introduced as a healthy, sugar-free beverage alternative that

supports a healthy lifestyle while serving as the event's main sponsor.

The results indicate that a visual communication design-based approach

can positively influence Generation Z's perception and behavior regarding sugar

consumption. With the support of Teh Botol Sosro Tawar, this campaign is

expected to contribute to efforts to prevent Diabetes Mellitus, especially among

the younger generation.

Keywords: Diabetes Melitus, Teh Botol Sosro Tawar, Generation Z, Health

Campaign, AISAS, Visual Communication Design

Subjek

TUGAS AKHIR
 

Katalog

Perancangan Kampanye Kesehatan Tentang Pencegahan Diabetes Melitus Untuk Kalangan Generasi Z Di Kota Bandung Besama Teh Botol Sosro Tawar - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x, 86p.: il,; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAIN HABIB MUHAMMAD MARPAUNG
Perorangan
Sonson Nurusholih, Putu Raka Setya Putra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • ADH3K4 - ADVERTISING 4 (SOCIAL COMMERCIAL CAMPAIGN/ DIGITAL ADV)

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini