Penyebaran media sosial telah mengubah gaya hidup masyarakat, terutama generasi muda. TikTok, sebuah situs web berbasis internet, berkontribusi secara signifikan dalam menyebarkan tren fashion baru, seperti konsep pakaian kapsul yang menekankan pada prinsip keberlanjutan dan minimalisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh konten capsule wardrobe yang disampaikan oleh akun TikTok @Suzannesarahs terhadap keinginan untuk berhenti membeli melalui kesadaran lingkungan. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan melakukan survei kepada 400 pengikut akun. Hubungan antar variabel diteliti dengan menggunakan metode analisis Partial Least Squares—Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pendidikan berkualitas tinggi dan dapat dipercaya secara signifikan memengaruhi kesadaran lingkungan seseorang. Pada akhirnya, ini berdampak pada pengendalian diri seseorang dan keinginan mereka untuk menghindari pembelian impulsif. Penelitian ini meningkatkan pemahaman kita tentang peran konten digital dalam mengubah perilaku konsumsi dan mendukung upaya keberlanjutan melalui edukasi media sosial.
Kata Kunci: capsule wardrobe, TikTok, keberlanjutan, kesadaran lingkungan, pengendalian diri, perilaku konsumsi.