PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE DALAM PENJUALAN KOMPONEN DAN PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS WEB DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING (STUDI KASUS: IGAMERWORLD SURABAYA) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ARJUNA JANUARY PUTRA DIRGANTARA

Informasi Dasar

118 kali
25.04.2835
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat menuntut pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk beradaptasi dan memanfaatkan teknologi informasi guna meningkatkan daya saing usaha. iGamerWorld Surabaya, sebagai salah satu toko ritel yang bergerak di bidang penjualan perangkat komputer dan layanan perakitan PC, menghadapi sejumlah kendala dalam sistem penjualan yang masih berjalan. Pemesanan perakitan PC masih dilakukan secara manual melalui aplikasi pesan seperti WhatsApp, dan belum tersedia sistem terintegrasi untuk mendukung proses transaksi dan layanan personalisasi. Selain itu, website lama yang pernah digunakan telah dialihkan menjadi company profile dan tidak lagi mendukung penjualan, sehingga membatasi efisiensi operasional dan jangkauan pasar yang dapat dicapai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem e-commerce berbasis website yang dirancang khusus untuk mendukung proses penjualan komponen komputer dan layanan perakitan PC. Pengembangan sistem dilakukan menggunakan metode Extreme Programming (XP), yang dipilih karena fleksibel dalam menyesuaikan kebutuhan pengguna dan mendukung proses pengembangan yang cepat dan terstruktur. Teknologi yang digunakan meliputi Laravel untuk backend dan React.js untuk frontend, dengan pemodelan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Untuk memastikan sistem berjalan sesuai fungsinya, pengujian dilakukan menggunakan metode Black Box, White Box, dan User Acceptance Testing yang berfokus pada evaluasi fungsionalitas, logika program, dan penerimaan pengguna tanpa melihat struktur internal secara langsung. Hasil dari penelitian ini adalah sistem e-commerce berbasis website yang dapat meningkatkan efisiensi operasional, mempermudah proses transaksi, serta memberikan pengalaman belanja yang lebih baik bagi pelanggan. Dengan sistem yang terintegrasi, IGamerWorld Surabaya diharapkan dapat memperkuat kehadirannya di pasar digital dan menjawab kebutuhan konsumen secara lebih optimal.

Subjek

FRAMEWORK PROGRAM
 

Katalog

PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE DALAM PENJUALAN KOMPONEN DAN PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS WEB DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING (STUDI KASUS: IGAMERWORLD SURABAYA) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARJUNA JANUARY PUTRA DIRGANTARA
Perorangan
Anisa Dzulkarnain, Dahliar Ananda
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi - Kampus Surabaya
Surabaya
2025

Koleksi

Kompetensi

  • BBK4AAB2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • BBK2DAB3 - PENGEMBANGAN APLIKASI WEBSITE
  • BZK4BAA4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini