PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP PURCHASE INTENTION (STUDI KASUS PADA AKUN TIKTOK SKINCARE NPURE TAHUN 2025) - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal

NAELA MUNA ANGELINA

Informasi Dasar

58 kali
25.06.174
658.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Penelitian ini ni menggunakan platform TikTok untuk mengungkap pengaruh word-of-mouth elektronik (e-WOM) terhadap niat pembelian pelanggan terhadap produk perawatan kulit NPURE. E-WOM, terutama melalui media sosial, merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif di era digital kontemporer untuk membentuk keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana. Responden penelitian terdiri dari 100 pengguna TikTok aktif yang telah menonton materi produk NPURE. Tiga faktor yang digunakan untuk mengevaluasi variabel e-WOM adalah intensitas, valensi pendapat, dan konten. Sementara itu, niat pembelian diukur melalui empat dimensi, yaitu transaksional, referensial, preferensial, dan minat eksplorasi. Niat pembelian dikategorikan sebagai “baik” sebesar 69,3%, sedangkan 67,8% e-WOM dievaluasi sebagai “cukup baik.” Niat beli dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh e-WOM, ditunjukkan oleh nilai p di bawah 0,001, nilai t sebesar 16,562 di atas nilai kritis 1,984, dan koefisien determinasi sebesar 0,737. Dengan kata lain, 73,7% niat beli dipengaruhi oleh e-WOM. Temuan dari analisis ini mendukung konsep dan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa persepsi positif yang dihasilkan oleh ulasan online memengaruhi niat pembelian pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan harus meningkatkan strategi e-WOM mereka di media sosial untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan kredibilitas produk.

Subjek

MANAJEMEN PEMASARAN
 

Katalog

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP PURCHASE INTENTION (STUDI KASUS PADA AKUN TIKTOK SKINCARE NPURE TAHUN 2025) - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal
 
xxiv, 24p.: il,; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAELA MUNA ANGELINA
Perorangan
Sri Widaningsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • AM622384 - LAPORAN TUGAS AKHIR
  • VPI1A4 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • GFK3HAA4 - Tugas Akhir

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini