PERANCANGAN PERBAIKAN LAYANAN LAUNDRY SEPATU WASHBARN BERDASARKAN KEBUTUHAN KONSUMEN MENGGUNAKAN INTEGRASI SERVICE QUALITY DAN MODEL KANO - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ELIA VICTORIA RIWU

Informasi Dasar

57 kali
25.04.4372
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Washbarn adalah usaha laundry sepatu yang beroperasi di Manado sejak bulan Juli 2022. Pada satu tahun terakhir, penjualan Washbarn mengalami beberapa masalah seperti penurunan pendapatan yang menyebabkan tidak tercapainya target penjualan bulanan. Hasil survei pendahuluan menunjukkan beberapa faktor penyebab penurunan, antara lain kebersihan yang kurang diperhatikan, waktu pengerjaan yang lama, promosi rendah, dan harga yang tidak sesuai dengan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan merancang perbaikan jasa layanan laundry berdasarkan kebutuhan konsumen menggunakan integrasi Service Quality dan Model Kano. Dimensi SERVQUAL yang digunakan adalah reliability, tangibles, responsiveness, assurance, dan empathy. Hasil penelitian ini berupa rekomendasi terhadap 14 atribut kebutuhan, antara lain perbaikan toko eksisting, penambahan variasi layanan, pelatihan staff, sistem keanggotaan yang jelas, layanan antar jemput yang terjadwal. Rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan, loyalitas pelanggan, dan memberikan nilai tambah untuk Washbarn pada konteks industri jasa.

Subjek

SERVICE QUALITY-SERVICE MARKETING
 

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN LAYANAN LAUNDRY SEPATU WASHBARN BERDASARKAN KEBUTUHAN KONSUMEN MENGGUNAKAN INTEGRASI SERVICE QUALITY DAN MODEL KANO - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiv, 65p,: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELIA VICTORIA RIWU
Perorangan
Agus Achmad Suhendra, Boby Hera Sagita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini