Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2021 Universitas Telkom terhadap interaksi mereka dengan dosen dalam mata kuliah Audit Komunikasi. Mata kuliah ini memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dari mata kuliah lainnya, karena bersifat praktikum dan menjadi bagian penting dalam proses persiapan mahasiswa menghadapi sertifikasi profesi di semester berikutnya. Dinamika komunikasi antara dosen dan mahasiswa menjadi isu sentral, karena mahasiswa dituntut untuk tidak hanya memahami teori audit komunikasi, tetapi juga mampu mengaplikasikannya secara langsung melalui proyek audit terhadap organisasi nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap sembilan mahasiswa, satu dosen pengampu, dan satu staf program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa membentuk persepsi terhadap dosen melalui proses komunikasi interpersonal yang meliputi seleksi, pengelompokan, dan interpretasi. Aspek-aspek seperti kontak, keterlibatan, keakraban, perusakan, serta pemutusan atau hambatan dalam komunikasi menjadi pertimbangan utama dalam menilai interaksi tersebut. Meskipun secara kurikulum mahasiswa telah mendapatkan mata kuliah pendukung seperti Metodologi Penelitian, sebagian dari mereka masih mengalami kesulitan dalam memahami proses audit apabila komunikasi di kelas tidak dilakukan secara terbuka, aplikatif, dan responsif. Keberhasilan pembelajaran dalam mata kuliah berbasis praktik seperti ini sangat ditentukan oleh kualitas interaksi interpersonal antara dosen dan mahasiswa.
Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa, Komunikasi Interpersonal, Interaksi Dosen-Mahasiswa, Audit Komunikasi, Pendidikan Tinggi.