PERANCANGAN IKLAN SENI PERTUNJUKAN WAYANG ORANG SRIWEDARI “ASIKNYA, BELAJAR, LEWAT WAYANG ORANG SRIWEDARI” UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI SURAKARTA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

CINTA SWANOVSKY PRASETYO

Informasi Dasar

43 kali
25.04.4915
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Wayang Orang Sriwedari merupakan seni pertunjukan dari Kota Surakarta. Namun, kurangnya promosi menjadikan minimnya pengetahuan masyarakat terhadap kebudayaan tersebut. Upaya dalam mengatasi tantangan ini dilakukan penyusunan kampanye iklan yang bekerjasama dengan brand besar untuk berpromosi. Menggunakan metode analisis data primer (kuesioner) terhadap 122 responden dan data sekunder (studi literatur).  Pemilihan jenis media menjadi dasar strategi visual, dengan media ATL untuk menjangkau audiens lebih luas dan media BTL untuk membangun interaksi langsung. Penerapan strategi promosi mengacu pada pendekatan AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) dengan media yang di kelompokkan di setiap tahap. Tahap Attention (poster, umbul-umbul, street furniture, Youtube Ads, dan billboard). Tahap Interest (Instagram post dan story, transit advertising, TikTok, Leaflet dan poster). Tahap Search (Instagram Reels, Spotify Ads, website, Google Ads, flyer, brosur, wobbler, floor sticker, dan Twitter Ads). Tahap Action (event dan x-banner). Tahap share (merchandise dan filter Instagram). Implementasi media dilakukan secara bertahap dan terarah agar tercipta alur komunikasi yang efektif. Hasil perancangan yang terstruktur menunjukkan bahwa strategi komunikasi visual mampu meningkatkan kesadaran dan memperluas jangkauan audiens sehingga membantu meningkatkan kunjungan wisata ke Wayang Orang Sriwedari sekaligus mendukung pelestarian budaya lokal.
 

Subjek

ADVERSTING
 

Katalog

PERANCANGAN IKLAN SENI PERTUNJUKAN WAYANG ORANG SRIWEDARI “ASIKNYA, BELAJAR, LEWAT WAYANG ORANG SRIWEDARI” UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI SURAKARTA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi, 108p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CINTA SWANOVSKY PRASETYO
Perorangan
Gema Ariprahara, Putu Raka Setya Putra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini