Kasus perundungan ternyata masih kerap terjadi meskipun sudah dilakukan sosialisasi dan tindakan pencegahan oleh berbagai pihak terkait. Di ruang lingkup pendidikan terutama tingkat sekolah dasar hal ini juga tidak dapat dipungkiri masih muncul kasus perundungan yang menimbulkan keprihatinan publik. Mengingat pentingnya perlindungan anak di lingkungan sekolah maka perlu ditanamkan rasa percaya diri agar anak mampu melakukan pembelaan diri atau melaporkan tindakan perundungan yang mereka lihat atau alami. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media edukatif yang dapat membantu siswa sekolah dasar membangun kepercayaan diri dalam menghadapi dan mencegah perundungan. Metode kualitatif digunakan dengan pendekatan keilmuan Desain Komunikasi Visual. Pengumpulan data meliputi pengamatan di lingkungan sekolah, wawancara dengan siswa dan guru, serta studi literatur dari jurnal dan artikel ilmiah. Data yang diperoleh dijadikan dasar untuk menyusun pesan, alur cerita, karakter, dan gaya visual yang sesuai dengan usia anak. Hasil dari penelitian ini adalah komik edukatif yang dirancang sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan mendorong siswa untuk lebih berani bersuara serta memahami langkah yang dapat diambil saat menghadapi perundungan.
Kata kunci: perundungan, kepercayaan diri, siswa sekolah dasar, komik edukatif.