Juu Kyuu Coffee mengalami pertumbuhan yang pesat dalam hal penjualan dikarenakan inovasi yang ditawarkan mampu membuat pelanggan tertarik untuk membeli. Namun, pelanggan belum terlalu kuat memiliki sikap loyalitas dilihat dari aspek tingkat resistensi terhadap produk lain. Perusahaan sudah melalukan program membership agar mampu mengelola hubungan dengan pelanggan, namun pengaruhnya belum diketahui secara pasti terhadap loyalitas pelanggan mengingat perbedaan hasil antar berbagai penelitian sebelumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengaruh program membership terhadap loyalitas pelanggan Juu Kyuu Coffee Bekasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada seluruh membership Juu Kyuu responden dengan teknik accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa value equity pada variabel program membership
dan referral pada variabel loyalitas pelanggan mendapatkan penilaian yang terendah dari responden. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan program membership terhadap loyalitas pelanggan Juu Kyuu Coffee. Namun, program membership tidak mampu menjelaskan loyalitas pelanggan secara keseluruhan.
Kontribusi penelitian ini adalah dapat memberikan tambahan referensi mengenai
gambaran penilaian pelanggan Juu Kyuu Coffee terhadap program membership, tingkat loyalitas pelanggan Juu Kyuu Coffee, dan pengaruh program membership terhadap loyalitas pelanggan, dengan studi kasus pada Juu Kyuu Coffee Bekasi.
Oleh karena itu, pada penelitian selanjutnya diharapkan menguji variabel lain di luar program membership yang dapat menjelaskan loyalitas pelanggan Juu Kyuu Coffee mengingat penelitian ini hanya menganalisis variabel program membership serta mengujinya pada perusahaan lain untuk melihat konsistensi pengaruh program membership terhadap loyalitas pelanggan. Peningkatan value equity perlu juga dilakukan oleh Juu Kyuu Coffee dengan memberikan fasilitas ruangan khusus buat para member.
Kata Kunci: loyalitas pelanggan, program membership, referral, dan value equity.