FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI TOKOPEDIA DI KALANGAN GENERASI Z DI DKI JAKARTA MENGGUNAKAN MODEL UTAUT2 - Dalam bentuk buku karya ilmiah

EKA MURNI PRATIWI

Informasi Dasar

43 kali
25.04.5259
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan e-commerce di Indonesia menunjukkan pertumbuhan pesat, didorong oleh meningkatnya penetrasi internet dan penggunaan smartphone. Tokopedia sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi adopsi penggunanya, khususnya dari generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat dan perilaku penggunaan Tokopedia oleh Generasi Z usia 18–27 tahun di DKI Jakarta dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) melalui aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk Price Value, Habit, dan Behavioral Intention berpengaruh signifikan terhadap niat maupun perilaku penggunaan Tokopedia. Sementara itu, konstruk Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, dan Hedonic Motivation tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memasarkan layanan ke Gen Z, Tokopedia perlu berfokus pada pembentukan kebiasaan pengguna, persepsi nilai harga, dan penguatan intensi penggunaan melalui strategi yang konsisten dan relevan. Penelitian ini juga memperkaya kajian perilaku adopsi teknologi di sektor e-commerce Indonesia dengan pendekatan UTAUT2 pada kelompok usia muda.
 

Subjek

TECHNOLOGICAL INNOVATION-ADOPTION
 

Katalog

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI TOKOPEDIA DI KALANGAN GENERASI Z DI DKI JAKARTA MENGGUNAKAN MODEL UTAUT2 - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 71p,: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EKA MURNI PRATIWI
Perorangan
Luthfi Ramadani, Sasmi Hidayatul Yulianing Tyas
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4Q3 - E- COMMERCE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini