UMKM Rumah Makan Surabaya 2 menghadapi tantangan berupa kurangnya efisiensi operasional dan minimnya pemanfaatan teknologi digital dalam bisnisnya. Saat ini, metode pemasaran tradisional seperti promosi dari mulut ke mulut dan penggunaan WhatsApp dirasa kurang memadai menghadapi perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen. Untuk mengatasi hal ini, pengembangan website dirancang guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional bisnis, menyediakan informasi lengkap seperti menu, lokasi, jam operasional, dan promosi terkini, serta mendukung fitur pemesanan online yang meningkatkan kenyamanan pelanggan.
Proses pengembangan website dilakukan melalui survei kebutuhan pengguna, perancangan antarmuka responsif dan user-friendly, serta penyajian konten menarik. Dengan menggunakan metode prototype dan framework Laravel, website ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan, memperkuat loyalitas pelanggan, dan mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Proyek ini menjadi contoh pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung daya saing UMKM di era modern.
Kata kunci : UMKM; Rumah makan; Website; Prototype.