ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGGUNA DALAM MENGADOPSI FINTECH ROBO-ADVISOR DI INDONESIA MENGGUNAKAN UTAUT 2 - Dalam bentuk buku karya ilmiah

FAZA FARIHA ZHAFIRA

Informasi Dasar

32 kali
25.05.853
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Perkembangan teknologi finansial di Indonesia melahirkan inovasi robo- advisor pada tahun 2017 sebagai alternatif layanan investasi digital. Fenomena ini didukung oleh pertumbuhan pengguna internet dan kebutuhan akan solusi investasi yang praktis, terutama selama masa pandemi. Meskipun kondisi saat ini menunjukkan jumlah Assets Under Management (AUM) yang dikelola oleh manajer investasi di Indonesia mengalami peningkatan, tetapi terjadi penurunan pada pertumbuhan jumlah AUM yang dikelola. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun total aset yang dikelola oleh suatu manajer investasi bertambah, laju pertumbuhan atas total aset yang dikelola mengalami penurunan. Penurunan jumlah AUM bisa disebabkan oleh banyak faktor, yang salah satunya adalah akibat penurunan arus masuk investasi baru akibat skeptisisme atas nasihat investasi yang diberikan oleh robo-advisor. Pernyataan ini sejalan dengan temuan survei yang dilakukan oleh Romero pada tahun 2024, yang menunjukkan adanya penurunan frekuensi penggunaan robo-advisor oleh investor dalam mencari nasihat investasi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengguna dalam mengadopsi layanan fintech robo-advisor di Indonesia dengan menggunakan pendekatan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). Penelitian ini merupakan studi deskriptif kuantitatif dengan populasi yang terdiri atas individu di Indonesia yang telah menggunakan layanan robo-advisor melalui Bibit, Bareksa, atau Moduit. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan total responden sebanyak 150 responden. Analisis data dilakukan dengan metode analisis multivariat dengan Teknik Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM), untuk menguji signifikansi pengaruh sejumlah variabel independen, yaitu performance expectancyeffort expectancysocial influencefacilitating conditionshedonic motivationprice value, dan habit, terhadap variabel dependen behavioral intention dan use behavior, serta melibatkan agegender, dan experience sebagai variabel moderasi. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan seluruh variabel independen sebagaimana dimaksud, berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen dalam hal pengguna mengadopsi fintech robo-advisor. Selain itu, faktor agegender, dan experience terbukti secara positif memoderasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Secara keseluruhan, tiga faktor yang memberikan pengaruh terbesar terhadap behavioral intention adalah performance expectancyhabit, dan hedonic motivation, sementara yang paling berpengaruh terhadap use behavior adalah habitbehavioral intention, dan facilitating conditions. Disarankan agar penelitian selanjutnya menambahkan variabel seperti literasi keuangan, melakukan segmentasi sosiodemografis, dan menggunakan pendekatan longitudinal. Bagi perusahaan fintech seperti Bibit, Bareksa, dan Moduit, disarankan memanfaatkan temuan ini untuk mengembangkan fitur yang relevan, meningkatkan viliterasi keuangan digital. merancang strategi komunikasi yang efektif, melakukan diferensiasi fitur untuk meningkatkan daya saing.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGGUNA DALAM MENGADOPSI FINTECH ROBO-ADVISOR DI INDONESIA MENGGUNAKAN UTAUT 2 - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAZA FARIHA ZHAFIRA
Perorangan
Brady Rikumahu, Putri Fariska Sugestie
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen PJJ
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini