Batik Lasem merupakan hasil akulturasi dari budaya Jawa dan Tiongkok yang melahirkan hasil batik yang indah dan menawan. Selain itu, warna merah yang dikenal sebagai “abang getih pithik” merupakan keistimewaan yang tidak dimiliki dan tidak bisa ditiru pada batik jenis lain. Dalam proses produksinya terdapat beberapa macam jenis pewarnaan, salah satunya napthol yang memiliki ciri khas warna yang kuat. Namun, meningkatnya minat terhadap Batik Lasem menimbulkan dampak positif dan negatif, termasuk permasalahan limbah hasil produksi batik. Selain itu, pengetahuan mengenai proses produksi batik masih banyak yang bersifat tacit knowledge, sehingga sulit diakses oleh generasi baru. Regenerasi pembatik yang lambat dan rendahnya pemahaman akan produksi yang ramah lingkungan juga menjadi tantangan tersendiri. Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang konten e-Learning yang informatif dan edukatif mengenai proses produksi Batik Lasem yang ramah lingkungan. Pengembangan dilakukan menggunakan metode SECI untuk konversi pengetahuan dan metode ADDIE sebagai kerangka pengembangan e-Learning. Tahapan dimulai dari analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Output dari tugas akhir ini berupa e-Learning berbasis website. Terdapat sembilan modul pembelajaran, yaitu: ngeteli, nglengkreng, mola, nerusi, nembok, pewarnaan napthol, pewarnaan indigosol, nglorod, dan penjemuran. Selain itu, tersedia halaman mengenai sejarah Batik Lasem dan pengolahan limbah agar ramah lingkungan, seperti daur ulang limbah pewarna, malam, dan penggunaan tawas dan Poly Aluminium Chloride (PAC) untuk membantu menguraikan limbah cair sebelum dibuang. Setiap modul disusun secara berurutan dengan sistem pretest, materi, dan posttest yang diberi password. Melalui e-Learning ini, diharapkan dapat meningkatkan minat generasi muda terhadap Batik Lasem sekaligus memperkuat pemahaman calon pembatik dalam menjalankan proses produksi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.
Kata kunci: ADDIE, Batik Lasem, e-Learning, pewarnaan napthol, ramah lingkungan, SECI