Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi Ecopreneur yang terbagi kedalam tiga sub variabel yaitu Eco-Innovation, Eco-Commitment, dan Eco-Opportunities terhadap konsep Eco-Campus. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Eco-Campus, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah Eco-Innovation, Eco-Commitment, dan Eco-Opportunities. Penelitian dilakukan pada anggota HIPMI-PT Universitas Telkom.
Populasi dalam penelitian ini adalah anggota dari HIPMI-PT Universitas Telkom sebanyak 235 orang, sedangkan sampel penelitian ini terdiri dari 150 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan menentukan ukuran sampel dengan menggunakan metode Slovin serta menggunakan Nonprobability Sampling yaitu Purposive Sampling sebagai teknik sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada tingkat signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman anggota dari HIPMI-PT Universitas Telkom mengenai Ecopreneur yang terdiri dari Eco-Innovation, Eco-Commitment, dan Eco-Opportunities, serta Eco-Campus termasuk kategori sangat tinggi atau sangat baik, sedangkan hasil penelitian secara simultan dan secara parsial menunjukan bahwa Eco-Innovation, Eco-Commitment, dan Eco-Opportunities berpengaruh terhadap Eco-Campus. Bersar pengaruh Eco-Innovation, Eco-Commitment, dan Eco-Opportunities secara simultan dalam memberikan pengaruh terhadap Eco-Campus sebesar 43,10%, sedangkan secara parsial besar pengaruh Eco-Innovation dalam memberikan pengaruh terhadap Eco-Campus sebesar 2,70%, besar pengaruh Eco-Commitment dalam memberikan pengaruh terhadap Eco-Campus sebesar 19,70%, dan besar pengaruh Eco-Opportunities dalam memberikan pengaruh terhadap Eco-Campus sebesar 20,70%.
Kata kunci : Ecopreneur, Eco-Innovation, Eco-Commitment, Eco- Opportunities, dan Eco-Campus